Selasa, 28 Desember 2010

Robot humanoid Actroid -F

Jepang yang sering dikatakan sebagai negeri sakura ini, memang menjadi gudang dalam penciptaan sebuah teknologi. belum lama ini mereka menciptakan sebuah robot humanoid terbaru the Actroid-F yang diberi nama Kokoro. Untuk saat ini kokoro sedang di ujicoba dan digunakan pada sebuah rumah sakit, menguji reaksi dan interaksi antara pasien penghuni rumah sakit tersebut.

Robot humanoid tersebut diberi nama dengan The Actroid-F, yang dimana perupaannya menyerupai dengan manusia, dan yang saat ini sedang di ujicobakan berparas seorang wanita Jepang yang berusia 20 tahun-an. The Actroid-F memiliki tinggi 1,40 m dan memiliki berat sekitar 30 kg.

sekarang ini sudah tersebar di video jejaring youtube yang menjelaskan bagaimana Kokoro dapat berinteraksi dengan operator yang menggerakannya. dengan adanya kehadiran kokoro di rumah sakit bukan semata-mata untuk langsung diuji pasar dalam pengoperasiannya, namun untuk diujicoba mengenai reaksi dan tanggapan pasien mengenai keberadaan dari Kokoro.

Menurut situs Crunch gear, Actroid-F dianggap robot android pertama yang dimodelkan tubuh wanita.Namun yang perlu diingat robot humanoid sudah pernah hadir di Jepang terlebih dahulu, seperti HRP-4C dimana sebuah robot yang bisa menyanyi dan meniru sintesis suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar