Minggu, 26 Desember 2010

All About FIXIE bike







Sepeda merupakan salah satu alternative kendaraan di Jakarta, yang dimana sepeda tidak menyebabkan polusi udara, ekonomis pastinya dan sehat sehingga aman bagi lingkungan dan kelangsungan hidup manusia. 

Sepeda juga merupakan kendaraan yang sangat menyehatkan bagi si-pengendaranya, karena apa? Karena sepeda memerlukan tenaga manusia untuk menjalaninya, dengan berbekal rantai dan tuas kayuh yang terbuat dari besi atau plastik pada kaki, sepeda meminta untuk secara aktif dikayuh oleh tenaga manusia yang mengendarainya.

Saat ini beragam jenis sepeda yang beredar, mulai dari sepeda balap, MTB(Mountain Bike), sepeda lipat, sampai kepada sepeda tandem yang dimana dikendarai oleh 2 orang sekaligus, dari beragam jenis sepeda tersebut, ada 1 jenis sepeda yang lahir karena adanya sebuah trend pada masa kini, yaitu “FIXIE BIKE”.

Fixie, sering kita dengar akhir-akhir ini, bentuk sepeda apa sih itu..? mengenai fenomena fixie ini dikalangan anak muda Jakarta. Fixie merupakan sebuah sepeda yang memiliki keunikan tersendiri, secara bentuk sama saja seperti sepeda pada biasanya, namun yang membedakan adalah, fixie bisa merefleksikan personalisasi si-pemilik, melalui perpaduan warna yang di tampilkan. Sebagai contoh, perpaduan warna-warna yang mencolok atau berani seperti memadukan warna merah jambu, dengan warna biru, dan aksen warna putih pada ban, begitu juga dengan warna lainnya. Memang secara penampilan pasti terkesan norak, "old school" but its happening right..?, namun karena kata “TREND” maka sepeda tersebut terlihat menjadi sesuatu yang unik, apalagi didukung dengan beberapa komunitas-komunitas dari pengguna sepeda fixie yang tersebar di segala penjuru kota Jakarta.

Apa sih ciri-ciri dari sepeda Fixie?


apa sih ciri-ciri sepeda fixie ? mungkin bisa dijabarkan menjadi tiga hal yang membedakan antara sepeda fixie dengan sepeda lainnya, sehingga menggambarkan personalisasi dari sepeda fixie sendiri tersebut, yaitu pada rem dan gear, ban, dan Stang sepeda. Mari kita jabarkan satu persatu,


*.GEAR
Sepeda Fixie identik dengan sepeda tanpa rem, tanpa menggunakan gear dinamis belakang. Semua dibuat fix, menyerupai sepeda jaman dahulu yang dimana roda berputar disertai pedal yang ikut berputar, jadi rotasi putaran kaki anda yang menentukan cepat atau lambat dan berhenti dari sepeda yang anda kayuh. Jadi gear sepeda fixie, juga menjadi rem ketika berkendara.






*.BAN

 Selain komponen dari gear yang menggerakan roda sepeda fixie, fixie juga memiliki keunikan atau cirri khas lain, yaitu pada bannya yang bentuknya sangat ramping, dan tipis, menyerupai ban sepeda balap pada umumnya, sehingga ringan ketika di kayuh.





*.STANG/HANDLEBAR

Dan hal lain yang menarik adalah pada bagian stang atau handlebar. Dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus.







Kepingin punya sepeda fixie, tapi bagaimana?


banyak lapisan masyarakat, khususnya anak muda dewasa ini yang tertarik untuk memiliki sepeda ini, caranya sangat mudah bila ingin memilikinya, ada 2 pilihan cara unutk memilikinya, yaitu :

*.Beli
beli jadi memang adalah suatu cara singkat, dan tercepat untuk memiliki sepeda fixie ini, karena menghemat waktu dan tenaga, namun untuk persoalan harga tergantung hati dan budget yang kita miliki pastinya. Pilihan ini baik untuk mereka yang belum memiliki rangka sepeda atau tidak mau repot, namun kembali lagi, yang jadi pertimbangan bila memilih opsi ini adalah harga pasti relatif lebih mahal, dan komponen umumnya lebih bermutu. Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai berkisar 1.5 juta sampai 4juta rupiah, tergantung dari komponen dan merek dari bagian-bagian yang dipakai pada sepeda tersebut. Dan juga harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 3.5 juta keatas. Dan tipe sepeda fixie yang bermerek umumnya berada di atas 4 juta rupiah bahkan sampai 10juta. 

*.Merakit
ini adalah cara kedua, yang pasti ini lebih repot, dan dapat memuaskan hasrat dari sipemilik karena dapat memenuhi kriteria hati pemiliknya. Beli dari rangka kosong sudah banyak dijual, atau bisa memilih rangka polos dan di cat sendiri. Bisa juga mengunakan frame sepeda balap lama yang memiliki stang menyerupai tanduk domba pejantan. Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang sederhana. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C. Jadi bisa saja sepeda jenis road bike lama memasukan hub jenis 700C yang lebih kecil.


Inti positif dari pilihan kedua ini adalah lebih kepada kepuasan batin, karena kita mengerti akan proses pengerjaannya, dan kita dapat mengerti kebutuhan teknis apabila diperlukan.


Fixie ini sangat berbeda dari speeda MTB atau sepeda tandem, fixie ini hanya merupakan sebuah sepeda yang bisa dikatakan lahir karena trend yang sedang berkembang, semoga bukan hanya isapan jempol mengenai pamor dari kendaraan roda dua ini.

Jadi, bagaimana menurut anda, apakah tertarik dengan sepeda fixie ini..? pilihan ada ditangan anda tentunya...!

http://limitedhype.com/2009/07/funriki-bikes/
http://www.bigshotbikes.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar